News | Kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio Vs Toyota Avanza Veloz

Honda Mobilio VS Toyota Avanza Velos
Pencarian komparasi Honda Mobilio VS Avanza di media mesin pencari sangatlah tinggi, semenjak mobil Honda Mobilio di luncurkan di ajang IIMS 2013. Kedua mobil keluarga antara Honda Mobilio dan Toyota Avanza, sama-sama berada di kategori mobil low Mpv jadi target pasarnya sama.
Artikel Honda Mobilio VS Avanza saya tulis, dengan tujuan sebagai bahan informasi, untuk pertimbangan buat anda yang berencana untuk membeli mobil baru low MPV keluarga. Agar dapat memilih mobil keluarga idaman sesuai dengan budget, nyaman dan aman dikemudikan, harga jual bekas yang masih tinggi, bengkel resmi yang menyediakan spare part asli tersedia banyak di kota tempat anda tinggal dan after sales service yang memuaskan dari bekel resmi.
Ada hal lain yang juga harus anda pertimbangkan dalam memilih mobil keluarga, seperti pertimbangkan luas garasi mobil yang ada di rumah anda, serta kualitas jalan yang sering anda lewati. Terutama menuju ke lokasi rumah dan ke lokasi dari tempat kerja anda. Luas bagasi dan kualitas jalan yang sering anda lewati, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anda setelah membeli mobil. Saat ini sebagian besar calon pembeli mobil keluarga Low MPV di Indonesia, ada 2 mobil yang menjadi perbandingan utama untuk dibeli, Toyota Avanza dan Honda Mobilio. Bagaimana dengan anda, mobil yang mana yang akan anda pilih untuk di miliki? Cari tahu jawaban anda, ditulisan dibawah ini. Mari kita simak!

Komparasi Honda Mobilio VS Avanza Veloz Indonesia

Komparasi yang saya tuliskan disini, membandingkan antara Honda Mobilio tipe E CVT dengan Toyota Avanza veloz 1.5 A/T. Kenapa saya memilih membandingkan antara Honda Mobilio tipe E CVT dengan Toyota Avanza Veloz 1.5 A/T. Karena Honda Mobilio VS Avanza Veloz, memakai mesin dengan kapasitas 1.500 cc dengan transmisi otomatis. Karena dari itu, saya tidak bandingkan antara mobilio honda dengan All new Avanza 1.3 G A/T, karena berbeda kapasitas cc isi silinder mesin mobil.
Saya akan membandingkan Honda Mobilio VS Avanza Veloz, mulai dari eksterior, interior, mesin, fasilitas keamanan dan keselamatan, harga jual baru serta after sales service.

Perbandingan Mesin

SPESIFIKASIHONDA MOBILIOAVANZA VELOZ
Tipe Mesin4 Cyl, 16 V SOHC i-VTEC + DBWIL, 4 Cyl, 16 V, DOHC, VVT-i
Suplai BBMPGM-FIEFI
Diameter x Langkah (mm)73.0 x 89,472.0 x 91.8
Isi Silinder (cc)1.4961.495
Daya Maksimum (Ps/rpm)118/6.600104/6.000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm)14,8/4.60013.9/4.400
Dilihat dari perbandingan mesin Honda Mobilio VS Avanza Veloz, kedua mesin mobil Low MPV keluarga ini memakai sistem fuel injection, dengan kapasitas isi silinder yang hampir sama. Perbedaan terlihat sangat signifikan di daya maksimum mesin, Honda Mobilio dengan 118 ps di 6.600 rpm sedangkan Toyota Avanza Veloz 104 ps di 6.000 rpm. Jadi Honda Mobilio unggul di daya maksimum dan torsi maksimum.
Perbandingan Dimensi
MOBILHONDA MOBILIOTOYOTA VELOZ
Panjang4.386 mm / 4,3 meter4.140 mm / 4,1 meter
Lebar1.683 mm / 1,7 meter1.660 mm / 1,7 meter
Tinggi1.603 mm / 1,6 meter1.695 mm / 1,7 meter
Jarak Sumbu Roda2.650 mm / 2,6 meter2.655 mm / 2,6 meter
Jarak Pijak Depan1.472 mm1.425 mm
Jarak Pijak Belakang1.475 mm1.435 mm
Radius Putar5,2 Meter4.7 Meter
Kapasitas Tangki42 Liter45 Liter
Ground Clearance189 mm200 mm
Perbandingan dimensi dari Honda Mobilio VS Avanza Veloz, ketegori Low MPV keluarga ini beda tipis, perbandingan demensi salah satu hal yang juga harus anda pertimbangkan dalam pemilihan mobil yang akan anda beli. Honda Mobilio memiliki panjang 4.386 mm lebih panjang dari Toyota Avanza Veloz 4.140 mm. Sebelum anda membeli, ukurlah panjang dan lebar dari garasi mobil anda, agar pada saat mobil anda parkir, pintu depan garasi mobil dapat di tutup dengan mudah tanpa menyentuh mobil. Mobilio dengan panjang 4.386 mm, maka kapasitas bagasi mobil Honda Mobilio juga meningkat.
Toyota Avanza Veloz memiliki radius putar yang lebih pendek, yaitu 4.7 meter dibandigkan dengan Honda Mobilio dengan radius putar 5,2 meter. Radius putar yang pendek, Toyota Avanza Veloz lebih mudah untuk parkir di tempat parkir sempit. Sedangkan dilihat dari ground clearance mobil, Toyota Avanza Veloz lebih tinggi dari Mobilio Honda. Bagi anda yang sering melewati jalanan rusak atau jalanan yang banyak polisi tidur, maka Toyota Avanza Veloz akan lebih mudah melewati rintangan tersebut.
Perbandingan Sistem Kemudi, Suspensi, Dan Penggerak Roda
Untuk sistem kemudi Honda Mobilio VS Avanza Veloz sama, Rack & Pinion dengan Electric Power Steering (EPS), dengan fitur Tilt Sterring (posisi kemudi dapat di pindahkan sesuai dengan keinginan pengemudi). Untuk suspensisi Honda Mobilio bagian depan memakai MacPerson Strut dan bagian belakang memakai h-shape torsion beam. Sedangkan untuk suspensi Toyota Avanza Veloz bagian depan memakai MacPerson Strut dengan coil spring dan bagian belakang memakai 4 link lateral rod dengan coil spring. Dilihat dari jenis pemakaian suspensi, mobil yang mana lebih nyaman di kendarai?
Kami salah satu penyedia jasa sewa mobil + driver di Bali , sebagian besar armada yang kami miliki adalah Toyota Avanza. Di bulan maret, kami menambah satu armada mobil dengan Mobilio Honda. Dari pengalaman penulis mencoba Mobilio Honda dan Toyota Avanza Veloz, dari segi kenyamanan mengemudi dalam kota, Honda Mobilio lebih nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang. Karena suspensi belakang yang sudah memakai h-shape torsion beam.
Pendapat yang sama juga di utarakan dari supir kami, yang mengantar tamu untuk paket Tour selama di Bali, Mobilio Honda lebih nyaman digunakan jika dalam kota. Karena sebagian besar jalanan menuju obyek wisata di Bali banyak tanjakan, maka Toyota Avanza Veloz, lebih mudah untuk melewati tanjakan-tanjakan yang ada di jalan, karena menggunakan pengerak roda belakang. Kami berencana untuk menambah Armada dengan Honda Mobilio untuk pelayanan sewa mobil plus sopir di Bali, jika mengunakan Mobilio Honda lebih menguntungkan, dilihat dari sisi bisnis sewa mobil plus sopir di Bali.
Honda Mobilio Indonesia memakai sistem penggerak roda depan. Dengan sistem penggerak roda depan, Honda Mobilio lebih nyaman jika di kemudikan di jalanan perkotaan dengan jumlah penumpang maksimum 5 dewasa. Pada saat hujan, roda mobil masih mendapatkan traksi dengan jalan licin.
Sedangkan Toyota Avanza Veloz mengunakan sistem penggerak roda belakang, dengan penggerak roda belakang kendali akan mobil lebih mudah walaupun jumlah penumpang sampai 7 orang. Avanza Veloz melewati jalanan rusak juga lebih nyaman buat kendali pengemudi, serta di tanjakan traksi Avanza veloz lebih bagus. 
Sistem Rem Dan Velg
Untuk sistem rem Honda Mobilio dan Toyota Avanza Veloz 1.5 A/T, rem depan menggunakan ventilated disc, sedangkan untuk rem belakang kedua-duanya memakai rem tipe drum. Untuk sistem pengamanan dalam pengereman, Honda Mobilio menggunakan Anti-Lock Brake System (ABS) + Electronic BrakeForce Distribution (EBD). Sedangan Toyota Avanza Veloz, memakai Anti-Lock Brake System (ABS) saja. Untuk velg pada roda, kedua mobil MPV keluarga ini memakai alloy wheel 15 dengan ukuran ban sama-sama 185/65 R15.

Perbandingan Eksterior & Interior

Eksterior
MOBILMOBILIOVELOZ
Chrome Front GrilleAdaAda
Side Door MirrorSesuai dengan warna body mobil dan terdapat lamp belokSesuai dengan warna body mobil dan terdapat lamp belok
Gagang PintuSesuai dengan warna bodySesuai dengan warna body
LED high mount stop lampTersediaTersedia
Rear ReflectorTersediaTersedia
Lampu KabutTersediaTersedia
Wiper kaca belakangTersediaTersedia
Jika dilihat dari kelengkapan standar Honda Mobilio VS Avanza Veloz, masing-masing mobil tidak ada bedanya, yang berbeda hanya bentuk dan design yang ditawarkan. Bagus atau tidaknya sebuah design, tergantung selera pribadi.
Interior
MOBILMOBILIOVELOZ
AudioDouble Din AM/FM Disc MP3/WMA, AUX Input, USB input + Made for Ipod & IphoneDouble Din AM/FM Disc MP3/WMA, AUX Input, USB input
Actual konsumsi bahan bakarAdaAda
AC Double BlowerAdaAda
Control kaca spionAdaAda
Power WindowAdaAda
Power OutletAdaAda

Perbandingan Fitur Keselamatan & Keamanan

MOBILMOBILIOVELOZ
Struktur rangka bodyG-CON + ACEGOA
Side Impact BeamAdaAda
Dual SRS AirbagAdaAda
Sabuk pengamanAda disemua baris kursiAda disemua baris kursi
Pretension With Load Limiter SeatbeltAdaAda
Wave KeyAdaAda
Keyless EntryAdaAda
ImmobilizerAdaTidak Ada
Sistem alarm keamananAdaAda

Perbandingan Harga Baru

HARGAMOBILIO E CVTVELOZ 1.5 A/T
Per 17 Januari 2015 OTR JakartaRp. 200.000.000Rp. 212.300.000
Kesimpulan Kelebihan & Kekurangan Honda Mobilio VS Avanza Veloz
Setelah melihat dari daftar diatas Honda Mobilio VS Avanza Veloz, saya menarik kesimpulan kelebihan & kekurangan Honda Mobilio VS Toyota Avanza Veloz berdasarkan data yang saya dapat dan test drive yang dilakukan. Saya tidak akan memberikan penilaian yang berdasarkan design karena design bersifat subyektif.
Kelebihan Mobilio VS Avanza Veloz terdapat pada:
  • Harga jual baru (per 17 Januari 2015), Honda Mobilio tipe E CVT OTR Jakarta Rp. 200.000.000. Sedangkan Avanza Veloz 1.5 A/T OTR Jakarta Rp. 212.300.000. Dengan selisih harga 12.300.000 sangat signifikan sekali perbedaannya.
  • Daya maksimum lebih besar pada Honda Mobilio
  • Torsi maksimum lebih besar pada Honda Mobilio
  • Honda Mobilio lebih panjang, jadi dapat menampung bagasi lebih pada saat kursi baris ketiga diisi penumpang.
  • Honda Mobilio, mengunakan pengerak roda depan, cocok untuk jalanan perkotaan dan traksi mobil lebih mencengkram di jalan licin karena hujan.
  • Suspensi h-shape torsion beam pada Honda Mobilio, meningkatkan kenyamanan di jalan perkotaan.
  • Adanya sistem pengeraman EBD (Electronic BrakeForce Distribution) pada Honda Mobilio, Avanza Veloz belum ada.
  • Audio Made for Ipod & iPhone untuk Honda Mobilio, Avanza Veloz belum ada.
  • Adanya proteksi pejalan kaki untuk Honda Mobilio, Avanza Veloz belum ada.
  • Side Impact Beam, untuk Honda Mobilio, Avanza Veloz belum ada.
  • Ada kunci Immobilizer, untuk Honda Mobilio, Avanza Veloz belum ada.
  • Transmisi CVT, perpindahan gigi transmisi lebih halus dibandingkan dengan AT. Baca disini,

  • Lalu mobil yang mana yang akan anda pilih, Honda Mobilio VS Avanza Veloz? Tentunya semua pilihan ada pada diri anda sendiri. Untuk informasi, Toyota Avanza masih berada di puncak tertingi dari sisi penjualan mobil kategori Low MPV di Indonesia dan Honda Mobilio berada di posisi kedua. Jika Honda mampu membuat masyarakat Indonesia percaya akan kualitas dari Mobilio Honda, dengan menyediakan after sales yang memuaskan, spare part yang murah serta bengkel resmi banyak tersedia sampai ke kota-kota kecil. Kemungkinan besar, Honda Mobilio akan mengunguli Toyota Avanza dari sisi penjualan di tahun depan. Tidak dapat dipungkiri, konsumen Indonesia dalam membeli mobil kategori Low MPV baru, masih memikirkan akan nilai jual kembali bekas. / sumber by. Rental mobil Bali .net