News I Tips Membersihkan Karet Kaca Mobil Anda

Di musim hujan seperti sekarang ini, tentunya pengguna kendaraan roda empat harus lebih memperhatikan lagi untuk perawatan pada mobil. Contoh yang paling sering dialami pada saat musim hujan adalah air yang masuk melalui selah-selah karet lis kaca mobil. Karet ini fungsi utamanya adalah mencegah penyusupan air hujan ke dalam bagian interior mobil. Karena air hujan ini bersifat asam maka jika dibiarkan mengering akan menjadi keras dan getas. Jika air hujan masuk dan terkena Power Window, maka asam yang ada pada air hujan dapat membuat komponen logam yang ada di dalam power window menjadi karat.


Jika hal ini sudah terjadi, maka kerja power window akan semakin berat, gejalanya ditandai dengan sulitnya jendela untuk membuka dan menutup, dan jika sudah parah kaca jendela tidak akan bergerak meskipun tombol sudah ditekan. Untuk mencegah terjadinya hal ini, lakukan pengecekan pada karet kaca setidaknya 6 bulan sekali. Jika sudah mengeras atau tidak lentur maka selain dapat menyebabkan seret pergerakan kaca jendela, juga dapat membuat celah bagi air untuk masuk. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyemprotkan cairan contact cleaner agar mengembalikan kelenturan karet, akan tetapi jika memang sudah tidak dapat lentur lagi baiknya anda segera mengganti karet lis tersebut.

Masalah lain yang dapat menyebabkan power window susah dioperasikan adalah karat. Tips bagi anda agar meminimalisir terjadinya karat pada bagian dalam power window adalah dengan sesering mungkin mengoperasikan power window baik bagian pintu depan maupun belakang. Akan tetapi jika memang sudah terlanjut macet atau tidak mau bergerak, mau tidak mau memang sudah harus dibongkar untuk membersihkan karat dan memberikan pelumas seperti fat atau gemuk pada mesin power window anda. Untuk membersihkan karat anda dapat menggunakan cairan WD-40, setelah karat hilang maka keringkan dan olesi dengan gemuk. www.dealerhondapalembang.com

Perlu diperhatikan dalam membongkar kaca mobil itu agak sedikit sulit bagi pemula karena banyaknya baut yang terdapat pada pintu mobil anda. Maka dari itu sangatlah disarankan untuk anda yang belum berpengalaman dalam melakukan hal ini agar membawa mobil anda ke bengkel atau ahli power window agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah.